Tips aman belanja online dan berjualan online

Tips aman belanja online dan berjualan online

Sharing tentang tips aman berbelanja online ini karena beberapa waktu lalu saya membaca di Koran local malang yang memberitakan seorang yang tertipu dengan belanja laptop secara online, secara singkat cerita bahwa Bapak AB ini sedang googling mencari informasi tentang laptop lalu menemukan salah satu web yang katanya menjual laptop dengan harga grosir dan tanpa cek lebih lanjut si Bapak AB ini mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual namun sampai ditunggu laptop yang ditunggu-tunggu tidak dating sedangkan nomer handphone penjualnya tidak bisa di hubungi lagi.

Saya lupa apakah di Koran tersebut disebutkan perihal website atau toko online tersebut apakah yang gratisan atau yang berbayar. Berikut saya sharing berdasarkan pengalaman dan juga masukan dari berbagai sumber tips berbelanja secara online.

  1. Pastikan memiliki domain yang berbayar semisal www.malangbagus.com www.jualkerudung-rizkhana.com  bukan blog gratisan , tujuannya kalau yang berbayar ada kode registrasi dan alamat serta transfer pembayaran yang nantinya bisa digunakan untuk melacak jika ada hal yang tidak di inginkan.
  2. Website tersebut sebaiknya sudah aktif ber transaksi lebih dari 1 tahun , tujuannya agar anda tahu bahwa pemilik website tersebut professional dalam menjalankan bisnis secara online
  3. Minta bukti resi pengiriman , jika anda misal ingin membeli fashion ataupun produk fisik coba mintalah resi pengiriman 3 bulan terakhir sehingga anda bisa memastikan bahwa penjualnya jujur dan bisa di percaya
  4. Cek fisik , ini sebenarnya sangat disarankan jika masih satu kota atau pun jika di mungkinkan anda bisa melakukan cek fisik seperti alamat penjual.
  5. Cari testimoni dari beragam sumber, jika anda ingin membeli barang secara online yang paling penting juga adalah testimony asli (bukan karangan) dari para konsumen sebelumnya dan kalo bisa minta email, pin bb ataupun alamatnya.
  6. Jangan langsung mentransfer uang apalagi untuk jumlah besar jika di mungkinkan ada saudara yang bisa anda percaya di tempat di mana penjual online itu tinggal sebaiknya minta ketemuan aja.

Itulah beberapa tips aman dalam belanja online, sedangkan bagi anda para penjual online juga harus bersikap hati – hati, karena ada juga pembeli yang berniat tidak baik, biasanya mereka minta barang dikirim dulu dengan alasan hati-hati namun sesampainya barang dikirim , uang tidak di transfer, kalau memang anda sudah punya reputasi , anda sebagai penjual bisa bilang, silahkan cek reputasi saya dan tunjukkan bukti pengiriman berikut alamat,no telpon agar mereka percaya dan bila di perlukan bisa menghubungi sendiri para konsumen yang puas dengan pelayanan anda.

Memang belanja online sebenarnya untuk mempermudah dan menghemat waktu namun semua pihak juga harus waspada dan bersikap jujur untuk kelangsungan bisnisnya. dan hati-hati

Bagi anda yang ingin bikin website murah sesuai budget , kami bisa melayani sesuai dengan budget anda, ibarat membangun rumah berapapun budget bisa disesuaikan dengan fitur website atau toko online anda. Hubungi 0857.55.333.610 atau add pin bb saya di 32 A7 FB 94 atau bisa langsung janjian ketemu dirumah atau kantor saya J.